Manfaat Keju

Manfaat Keju

Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet[1]

koleksi roti keju khasanah sari bakery

Dari rasanya yang gurih, keju ini sering dijadikan bahan tambahan dalam berbagai olahan makanan, terlebih roti/kue.

Cara penyajiannya pun beragam, ada yang diparut untuk dijadikan toping, dilarutkan dalam adonan, dijadikan  dipotong dadu dalam nasi goreng, dan masih banyak lagi yang lainnya, sebagaimana telah kami hadirkan produk roti keju yang tersedia dalam berbagai variasi. cek semuanya di sini

 

Tak heran, jika keju ini -walaupun sebagai bahan tambahan- menjadi “idola” bagi para penggemarnya di semua lapisan usia, mulai dari anak-anak, hingga orang tua.

Selain rasanya yang enak, keju juga memiliki manfaat untuk tubuh kita, di antaranya[2]:

1. Kesehatan tulang

Kandungan kalsium, protein, magnesium , zinc, dan vitamin A, D, dan K dari keju berarti dapat menyumbang Sumber Terpercaya untuk perkembangan tulang yang sehat pada anak-anak dan dewasa muda, dan untuk pencegahan osteoporosis .

2. Kesehatan gigi

Keju dapat meningkatkan kesehatan gigi. Kalsium memainkan peran penting dalam pembentukan gigi, dan keju adalah sumber kalsium yang baik. Selain itu, setidaknya satu penelitian telah menunjukkan bahwa makan keju dapat meningkatkan tingkat pH pada plak gigi, menawarkan perlindungan terhadap gigi berlubang.

3. Mikrobiota usus dan kolesterol

Sebagai makanan fermentasi, keju dapat membantu meningkatkan bakteri usus yang sehat. Ini bisa memiliki efek positif pada kadar kolesterol darah.

4. Sel sehat

Sel membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki. Satu ons keju cheddar dapat menawarkan 7 g protein. Jumlah protein yang direkomendasikan untuk setiap orang tergantung pada usia, ukuran, dan tingkat aktivitas mereka

Keju dapat menjadi sumber kalsium yang berharga bagi mereka yang tidak memiliki intoleransi atau alergi, tetapi keju harus dipilih dengan hati-hati dan dikonsumsi secukupnya.


[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Keju

[2] https://www.medicalnewstoday.com/articles/299147#8-health-benefits-of-cheese

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.