Asal Mula & Fakta tentang Meses

Asal Mula & Fakta tentang Meses

Meses, meises, atau cokelat butir adalah butiran-butiran cokelat yang digunakan sebagai teman makan roti, penghias dan penambah rasa pada kue bolu, roti tawar, kue terang bulan, martabak (manis ya, bukan martabak telor 😀 ) donat dan es krim. Meses yang kita temui ada beragam macamnya, dari yang cokelat, putih, dan warna-warni. Meses sendiri kita lebih kenal sebagai salah satu macam dari cokelat.

Di Belanda, meses dikenal dengan sebutan hagelslag dan variasinya disebut muisjes. Istilah ini mengacu pada potongan kecil kembang gula yang digunakan sebagai taburan roti mentega.

Asal Mula Meses

Beberapa orang mengatakan bahwa meses (hagelslag) adalah penemuan Amsterdam, Belanda. Meses sudah menjadi bagian dari budaya Belanda sejak lama bahkan menjadi bagian dari perayaan kehidupan baru di sini, dan berkembang pesat dari tahun ke tahun.

Pada 1440-an


orang Belanda menaburkan taburan kecil mirip biji adas manis pada biskuit renyah yang disebut roti rusk.

Pada tahun 1800-an


Taburan mirip biji adas manis berwarna-warni menjadi produk komersial yang disebut muisjes. Menurut dokumen yang dimiliki oleh Arsip Kota Amsterdam, penemu serpihan renyah dan manis ini adalah B.E. Dieperink.

Pada tahun 1919


perusahaan gula Belanda, Venco, mulai memproduksi taburan tersebut dan segera menciptakan beberapa rasa lainnya.

Pada tahun 1928


Perusahaan lain bernama De Ruijter membuat versi hagelslag sendiri. Selain taburan beraroma adas manis, perusahaan ini menawarkan meses lemon, raspberry, dan jeruk.

Pada tahun 1936


perusahaan gula lain yaitu Venz mulai memproduksi variasi meses rasa cokelat dengan menambahkan cokelat ke dalam campuran meses.


Meses di sebagian belahan dunia

Di Belanda , chocoladehagelslag (taburan coklat) digunakan sebagai topping sandwich (mirip dengan muisjes dan vlokken ); ini juga umum di Belgia dan bekas jajahan Belanda, Suriname dan Indonesia . Negara-negara ini juga menggunakan vruchtenhagel dan anijshagel (masing-masing terbuat dari gula dan rasa buah/adas manis) pada sandwich (terutama saat sarapan).

Di Indonesia biasa disebut meses atau meises. Di Belgia sering disebut muizenstrontjes (kotoran tikus 💩) karena kemiripannya dengan kotoran tikus. Kedengarannya aneh ya, tapi begitulah kenyataannya 😊.


Kegunaan Meses

Menikmati roti dengan taburan meses sudah gak asing lagi di budaya kita, karena memang menambah kenikmatan. Jadi, meses memang berfungsi untuk membuat makanan jadi lebih lezat. Pilihan penggunaan meses untuk topping dapat juga disajikan pada makanan dan minuman seperti berikut ini :

Topping Roti Tawar
Topping Pisang Bakar
Topping Martabak Mini

Topping Ice Cream
Topping Donat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *