Manfaat Gandum

Manfaat Gandum

Gandum merupakan bahan dasar pembuatan tepung terigu yang mana menjadi bahan dasar dalam pembuatan roti.

Gandum pertama kali ditemukan di Timur Tengah sebelum 9600 SM. Seiring bertambahnya populasi dan menyebar, gandum banyak dijadikan sebagai makanan pokok yang menyebar ke seluruh dunia. Dari sini, mulai bermunculan berbagai varietas gandum yang ada hingga hari ini.

Tepung terigu sekarang menjadi makanan pokok di banyak negara. Anda juga bisa menemukan berbagai makanan berbahan dasar tepung terigu di Indonesia. Makanan berbasis gandum dengan cepat menyebar ke berbagai negara karena nilai gizinya yang tinggi, pemrosesan yang mudah dan nyaman, pasokan yang melimpah, dan harga yang relatif terjangkau.

Faktor penting untuk memaksimalkan kualitas makanan adalah pemilihan tepung yang tepat. Tepung kaya protein (12% 14%) cocok untuk membuat roti dan pasta. Tepung berprotein sedang (10,5% 11,5%) cocok untuk membuat berbagai produk makanan seperti kue / pie, kue bolu dan donat. Tepung protein rendah digunakan dalam makanan renyah seperti gorengan, biskuit, cookies, wafer, dan kue.

Kandungan & Manfaat

Manfaat gandum bisa didapatkan dari berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Setiap 100 gram gandum utuh mengandung sekitar 340 kalori dan juga beberapa nutrisi penting berikut:

72 gram karbohidrat – 13 gram protein – 10,7 gram serat – 2,5 gram lemak – 0,4 gram gula

Selain itu, gandum utuh merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin B, selenium, mangan, fosfor, dan tembaga. Gandum utuh juga mengandung antioksidan dan senyawa aktif, seperti asam fitat, polifenol, stanol, dan sterol.

Berkat kandungan tersebut, mengonsumsi gandum utuh secara rutin diketahui dapat memberikan beberapa manfaat, seperti:

  1. Mencegah dan mengatasi sembelit
  2. Mendukung fungsi sistem pencernaan yang sehat dengan membantu menghilangkan bakteri jahat di usus
  3. Menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung, stroke, obesitas, dan diabetes tipe 2
  4. Mengurangi peradangan kronis
  5. Mengurangi risiko terkena kanker usus besar

Nah, itulah manfaat dari gandum yang sering kita jumpai pada produk roti dan beberapa makan lainnya. Yang penting kita harus bijak konsumsi, agar manfaat dari makanan apapun benar-benar bisa diserap tubuh dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.