Tips Menyimpan Roti, Agar Tahan Lebih Lama

Tips Menyimpan Roti, Agar Tahan Lebih Lama

Roti sudah menjadi makanan yang familier dan tidak asing bagi masyarakat di Indonesia. Bahkan ada sebagian orang yang lebih memilih makanan ini sebagai hidangan utama ketika sarapan, karena lebih praktis, dan bisa dipadukan dengan komponen tambahan (yang sewajarnya) sebagaimana nasi.
Nah, supaya tidak keteteran ketika waktu mau makan, tidak heran jika roti ini disimpan dalam jumlah secukupnya untuk dikonsumsi di lain waktu. Penyimpanan yang baik, akan membuat roti lebih tahan lama dan masih layak dimakan.

Berikut ini, tips menyimpan roti agar lebih tahan lama untuk dikonsumsi di lain waktu.

Membungkus Roti

Ketika membeli roti, biasanya akan dibungkus dengan kemasan kertas atau plastik. Jika kemasannya kertas, buka dan ganti dengan plastik atau aluminium foil. Begitu juga ketika hendak menyimpannya di dalam lemari, pastikan roti dibungkus dengan plastik atau aluminium foil terlebih dahulu. Cara ini akan mengurung kelembapan alami roti sehingga tekstur roti tidak akan mengering dan keras. Karena udara dapat menyebabkan roti berjamur, kamu bisa masukkan rotimu ke dalam ziplock atau wadah anti udara, sehingga akan membuat rotimu bertahan lebih lama.

Simpan roti pada suhu ruangan

Suhu ruangan yang benar harus berada di sekitar 20 derajat Celcius / 68 derajat Fahrenheit. Pastikan menjauhkan roti dari paparan sinar matahari langsung. Menyimpan roti dengan metode ini memperpanjang ketahanan roti hingga dua hari ke depan.

Hampir basi? Masukan roti ke frezzer

Jika kamu punya banyak roti yang akan basi beberapa hari ke depan, kamu bisa membekukan roti-roti tersebut. Proses ini akan mencegah roti menjadi basi. Pastikan untuk menyimpannya dalam kantong freezer plastik dan pertimbangkan untuk mengiris roti kamu sebelum membeku. Kamu dapat menyimpan roti dalam freezer antara tujuh dan 14 hari.

Ketika akan memakannya, keluarkan roti dari freezer dan letakkan roti dalam suhu ruang. Selain itu, kamu bisa memanggang roti dalam oven (maksimal lima menit) untuk mengembalikan kerenyahan roti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.